Kalo lagi mood ngetik ya... tinggal :ngetik

Jumat, 13 Mei 2016

Menghapus Fake Browser Chromium (Virus Removal Guide)

1 komentar :

Apa itu Chromium?

Chromium adalah proyek peramban web sumber terbuka di mana Google Chrome yang mengambil kode sumbernya. Penjelajah ini berbagi mayoritas kode dan fitur, meskipun ada beberapa perbedaan kecil dalam fitur dan mereka memiliki lisensi yang berbeda.

Tanpa disadari ternyata di PC/Laptop saya telah terpasang sebuah Browser yang bernama Chromium yang tampilannya mirip dengan Browser Google Chrome, mulai dari Logo hingga fungsinya. Hanya saja logo Chromium tidak berwarna – warni seperti Google Chrome pada umumnya.

Berdasarkan penjelasan yang ada, dijelaskan Google Chrome merupakan pengembangan dari Chromium itu sendiri. Chromium merupakan browser Opensource yang sering di jumpai pada Sistem Operasi berjenis Linux kemudian dipatenkan oleh Google. Tapi apapun latar belakang Chromium ini tidak menghentikan saya untuk menghapus nya dari PC/Laptop.

Karena memang saya tidak pernah memasang Browser Chromium dalam perangkat komputer saya, entah darimana mula nya browser ini tiba – tiba telah terpasang, layaknya aplikasi – aplikasi lain yang terinstall melalui software lain.

Tampilan Browser Chromium

Tampilan Chromium Browser
Dan di jelaskan disini bahwa aplikasi Chromium Browser ini, ketika di cek melalui Task Manager akan tampak seperti Gambar di bawah ini. Sehingga Browser ini jelas akan memakan Resource RAM dan Proses penggunaan CPU tanpa kita sadari. Dan akan mengganggu sekali pada saat kita menggunakan PC/Laptop.


Baiklah saya akan mulai menghapus Chromium dan berpisah untuk selama nya, karena memang saya masih nyaman menggunakan hasil kembangan dari Chromium itu sendiri, yaitu Google Chrome itu sendiri.

Menghapus melalui Control Panel Windows

  • Masuk ke Control Panel
  • Pilih Program and Feature
  • Lalu Cari Chromium
  • Kemudian pilih Uninstall
Dan selanjutnya hapus User Data dan Setting milik Chromium, adapun untuk menghapus nya silahkan masuk terlebih dahulu ke Folder Options dan pilih View dan cari dan centang Show hidden files, folders, and drives. Jika Sudah selanjutnya bisa masuk ke tahap selanjut nya :
  • Local Disk (C:)
  • Pilih User >> Nama Perangkat Anda
  • Pilih Apps Data >> Local
  • Dan Pilih Chromium
  • Langsung di delete dari situ.

Menghapus menggunakan Aplikasi Revo Uninstaller

Step 1
Download Aplikasi Revo Uninstaller
Step 2

  • Langsung ke Local Disk (C:) >> Pilih User >> Nama Perangkat Anda >> Pilih Apps Data >> Local >> Klik Kanan pada Folder Chromium >> Lalu ikuti Cara pada Gambar di bawah ini:







Step 3
Lakukan Scan Antivirus secara keseluruhan(Full Scan) menggunakan Antivirus yang tersedia pada PC/Laptop kalian, Atau lakukan Scan Malware menggunakan Aplikasi Malware. Jika belum memasang Aplikasi Anti Malware silahkan download Malwarebytes Anti-Malware.
Step 4
Download dan Install Aplikasi CCleaner dari Piriform. CCLeaner, lalu lakukan Analisa dan Scaning secara menyuluruh pada PC/Laptop kaliaan. Kemudian pergi ke Tools > Startup dan Cari entri yang mencurigakan lalu hapus. kemudian pergi ketampilan Registry window dand klik Scan for Issues. Setelah Scan selesai klik Fix selected issues… dan klik Fix All Selected Issues.

Setelah semua itu saya lakukan maka Chromium sudah tidak ada lagi diperngkat saya. Terutama muncul otomatis ketika awal menghidupkan PC/Laptop (menjadi Startup). Kalian bisa mengikuti cara tersebut jika memang tidak ingin menggunakan lagi aplikasi browser Chromium tersebut.

Tags:
cara menghapus chromium, cara menghapus virus chromium, cara menghapus chromium malware, cara menghapus virus browser chromium, cara menghapus virus malware browser chromium, cara menghapus google chrome palsu, menghapus browser google chrome palsu

1 komentar :